Pasang Iklan

Kenangan di Jembatan Keceme Kutowinangun

Kenangan di Jembatan Keceme Kutowinangun
Jembatan Keceme itulah yang lebih terkenalnya. Kali itu sama maknanya dengan sungai. Jembatan Kali Keceme berarti Jembatan Sungai Keceme. Dulu sepengingat saya, sungai keceme ini debit airnya lumayan besar. Entah kenapa kini mengalami kedangkalan dan penyempitan. Sedimen tanah semakin menjorok ketengah. Sehingga lembar arus sungai berkisar dua setengah meteran. Karena saya dulu suka main dibawah jembatan tersebut. Sekedar iseng, berteduh. Dan sesekali saya berjumpa dengan tuna wisma yang membuat gubuk dibawah jembatan.

Jembatan Keceme

Jembatan Keceme
Dan dulu sebelah Jembatan Keceme tidaklah sepadat sekarang. Belum ada perumahan yang sekarang dipergunakan untuk warung dan bengkel.  Dulu masih hamparan tanah kosong penuh dengan pohon ilalang yang rimbun sekali. Kalau malam, begitu gelap gulitanya. Paling jika ada yang mangkal hanya beberapa tukang becak. Kini sudah mulai menggeliat. Tukang ojek dan tukang becak mudah dijumpai.

Jembatan Sungai Keceme Baru, sayang sekali dalam prasastinya tidak disebutkan kapan dibuat dan kapan selesainya. Sebenarnya hal kecil atau hal sepele ini sangatlah penting sekali. Agar tiap pergantian generasi tahu akan sejarah sebuah bangunan atau jembatan. Kalau hanya mengandalkan lisan pastinya akan mudah pudar dari ingatan. Tapi menurut saya, jembatan keceme ini dibuat sekitar tahun 1990-an. 

Jembatan Keceme

Jembatan Keceme
Jembatan Kali Keceme Lama juga masih ada lo! Karena jembatan ini sudah tergolong tua. Sehingga tidak kuat dilewati kendaraan yang bertonase besar. Dikawatirkan ambrol. Jembatan Keceme Lama biasa dipergunakan warga untuk menjemur padi. Dan disamping jembatan terdapat sungai kecil yang diperuntukan untuk irigasi persawahan.

Oh iya, Jembatan Keceme Lama ini mempunyai tikungan yang begitu tajam. Dan berkelok-kelok pula. Sangat rawan terjadi kecelakaan. Maka dari itulah dibuatkan jembatan baru. Lebih kokoh dan mempersingat waktu. Dan pastinya memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Alamat Jembatan Keceme berada di Desa Mrinen, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Indonesia. Kode Pos 54393.

Bagikan Artikel ke: Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Disqus Comments