Pasang Iklan

Kenalilah macam macam virus pada komputer mu

Di dalam sebuah perangkat komputer, laptop ataupun android pasti memiliki macam macam jenis virus yang dapat membahayakan perangkat mu menjadi hang atau Freeze, dan sering lemot, pastinya hal itu di karenakan dengan adanya sebuah virus.

Kali ini saya akan membahas macam macam jenis virus yang ada di komputer. ada banyak jenis jenis virus yang mungkin ada sebagian orang yang belum tahu apa saja virus virus yang ada di perangkat komputer atau di laptop kita, yuk!! kita kenali jenis virus virus di komputer kita agar kita tahu ada apa saja virus virus pada komputer maupun laptop kita yang dapat membahayakan.



Macam macam jenis virus di komputer


1. TROJAN
Virus trojan adalah macam jenis nama virus komputer yang dibuat untuk tujuan mencuri data dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan sejenis virus, namun karena sifat trojan ini sangat menganggu maka orang-orang termasuk dalam golongan virus komputer. Untuk itu anda harus waspada akan keberadaan virus trojan ini.


Lokasi penyebaran yang utama yaitu akses yang terhubung ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak dipassword. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan antivirus khusus untuk trojan, seperti Trojan remover dan Trojan hunter.

2. Virus Back door 
Virus jenis ini adalah virus yang sering menyamar yang sering bersahabat seperti file-file game yang enak untuk di klik dan langsung play. ketika kita meng-klik game tersebut maka virus back door langsung masuk ke komputer kita atau perangkat kita dan lebih bahayanya lagi virus ini dapat mencuri data data penting yang berada di komputer kita makanya jangan suka asal meng-klik game yang instan apa lagi ketika kita sedang browsing muncul game atau tampilan tampilan yang menarik. hati hati! mungkin saja itu virus backdoor.

3. Virus Worm 
Virus worm adalah sejenis program yang dapat menggandakan diri. Secara umum worm tidak menginfeksi virus, namun keberadaannya cukup berbahaya dimana worm mampu menggandakan diri dengan cepat sehingga apabila  komputer yang terserang worm dalam waktu cukup lama, dapat membuat sistem komputer menjadi rapuh. Dimana worm ini akan memenuhi data dalam memori dan hardisk komputer.

Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Sedangkan untuk mengatasinya bisa menggunakan antivirus biasa. Jika menggunakan antivirus pro malah lebih optimal hasilnya.


4. Virus Polymorpic
Virus ini memiliki kemampuan berkamuflase atau mengubah diri agar sulit untuk terdeteksi, jika misalnya kamu memiliki file dengan berekstensi .doc (microsoft word) ketika virus ini masuk kedalam komputer virus ini akan mengcopy data komputer dari kalian, jadi ada 2 file namun format dari file tersebut berbeda beda. 

Format yang ada di virus ini adalah .exe dll. jika virus ini di diamkan atau dibiarkan maka virus ini akan menyebar keseluruh file pada komputer mu dan akan bisa menyerang ke folder system 32 atau biasa di sebut dengan Local disk C nah disana dia akan berkembang biak dan dapat merusak system sytem os perangkat komputer kalian. 

Jadi dia akan makin lama semakin lama melambat dan akhirnya bisa terjadi bluescreen atau tidak bisa masuk booting ke windows. 

5. FAT Virus
FAT (File Allocation Table) adalah macam jenis nama virus komputer yang bertujuan untuk merusak file. Biasanya virus ini akan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Dimana kemampuan virus ini adalah menyembunyikan file penting kita, sehingga seakan-akan file tersebut hilang karena sulit untuk kita cari.

Cara Pencegahan yaitu dengan mengamati dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Apabila kita mencurigai adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, berarti itu adalah FAT virus.

6. Overwrite Virus 
Virus ini terbilang sedikit licik, karena virus ini mampu menghapus file atau data yang sudah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas dalam harddisk komputer. Jadi, pada dasarnya file yang sudah terinfeksi tersebut akan hilang, tetapi kapasitas hard disk akan tetap terlihat normal, seakan - akan file tersebut masih ada di dalam direktori.

Cara mengatasi virus jenis ini adalah dengan menghapus file yang terinfeksi sehingga dengan menggunakan antivirus agar dapat file yang terinfeksi dapat hilang dan tidak menyebar ke file-file penting yang lainnya. 

7. Memory Resident Virus
Seperti namanya macam jenis nama virus komputer ini dibuat untuk menginfeksi RAM. Dengan kata lain, virus ini berada di dalam memori komputer. Memory Resident Virus biasanya akan aktif jika sistem operasi komputer dinyalakan.

Keberadaan virus ini akan mengganggu program komputer yang seharusnya berjalan secara normal. Efek yang ditimbulkan dari keberadaan memory resident virus yaitu akan membuat sistem operasi komputer menjadi lemot.

8. Multipartite virus
Seperti memory resident virus dimana macam jenis nama virus komputer ini bersembunyi dalam RAM yang nantinya akan menginfeksi  sistem operasi tertentu kemudian menginfeksi hardisk. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan adanya bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

9. Macro virus 
pada dasarnya hanya mampu menginfeksi file-file makro seperti .docm, .xls, .pps, dan sejenisnya. Virus jenis ini sering sekali datang dari email yang kamu terima. Cara mengatasinya adalah dengan tidak membuka email yang masuk jika menurut kamu email tersebut agak mencurigakan.

10. Directory Virus
Directory Virus adalah jenis virus yang menginfeksi file yang berekstensi exe. Mungkin kamu pernah menjalankan sebuah file exe di komputer kamu, dan dalam seketika, file exe tersebut hilang atau error tanpa alasan jelas. Nah, itulah efek dari virus jenis ini.

Kalau tidak ditangani dengan cepat, maka virus jenis ini bisa merusak semua file exe yang ada di komputer kamu. Sayangnya, antivirus saja tidak cukup untuk mengatasi virus jenis ini. Kalau sudah terinfeksi, kamu perlu menginstal ulang sistem operasinya.

Itulah penjelasan mengenai macam macam  jenis nama virus komputer. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan diharapkan bisa langsung menyadari keberadaan virus ini dan melakukan tindakan yang tepat pada saat komputer terserang virus yaitu dengan memasang atau menginstall Anti Virus dan Anti Malware terbaik di komputer dan laptop Anda.


Sekian dan Terima kasih

Bagikan Artikel ke: Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Disqus Comments