Pasang Iklan

Ciri ciri harddisk rusak dan penyebabnya pada laptop atau komputer

apa saja ciri ciri harddisk rusak maupun itu pada laptop atau komputer dan apa saa yang menjadikan harddisk itu menjadi rusak. Harddisk rusak pasti ada yang sudah pernah mengalami dan ada yang belum. 

Harddisk rusak karena disebabkan oleh bad sector, kasus rusknya harddisk karena bad sector dapat di perbaiki ada juga yang tidak bisa di perbaiki sehingga harus membeli yang hardisk baru. Banyak macam macam penyebab yang dapat membuat harddisk itu rusak.

Harddisk adalah sebuah perangkat keras komputer yang sistematis yang menjadi media penyimpanan data. data yang di simpan pada hardisk tidak akan hilang, Harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan permanen, data data tidak akan hilang atau terhapus bila menyimpan di harddisk. 

Ukuran penyimpanan pada harddisk terbilang cukup besar bisa sampai 500GB bahkan lebih. 

harddisk rusak

Ciri ciri harddisk yang mengalami kerusakan

Komputer atau laptop yang kinerja nya menjadi lambat
Kinerja pada laptop atau komputer yang menjadi lambat merupakan salah satu tanda tanda rusaknya harddisk. Saat melakukan booting awal pada komputer atau laptop untuk masuk ke sistem operasi akan terasa memakan waktu yang lama tidak seperti biasanya. 

Ketika komputer sudah nyala atau masuk ke sistem operasi kita harus menunggu lama sampai program-program komputer bisa dijalankan. Seharusnya ketika komputer pertama kali nyala untuk melakukan Refresh komputer bisa langsung dilakukan tanpa kendala. 

Tapi lain lagi jika hardisk sudah bermasalah maka melakukan Refresh komputer pun efeknya akan menjadi lambat. 


Terdengar bunyi aneh yang keluar dari harddisk
Yang dimaksud dengan bunyi aneh yang keluar pada harddisk ialah bunyi seperti " crek...crek..creek... terus menerus dan terdengar sedikit kencang,  bunyi itu menandakan ciri ciri harddisk yang akan mulai rusak.

Mengalami bluescreen atau tidak mau booting
kerusakan pada harddisk dapat mengalami bluescreen atau tidak mau mau booting. Kalau kita melakukan instal ulang mungkin bisa saja akan terjadi kembali, kenapa? karena harddisk kita sudah mulai mengalami kerusakan. Disaran kan untuk mengecek harddisk terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang. 

Tidak dapat di baca oleh BIOS
Kerusakan ini bisa dibilang parah, kenapa?, karena biasanya harddisk yang telah mati atau rusak sehingga tidak ada respon sama sekali baik itu berupa gerakan maupun bunyi. Sehingga dapat menyebabkan perangkat ini tidak muncul atau tidak terdeteksi di BIOS (basic input output system). Lalu saat ketika komputer kita dihidupkan, biasanya akan muncu tampilanl pesan "HDD no detected", "No bootable device", dan lain-lain.

Data tidak bisa dibuka atau data corrupt
Pada saat anda ingin membuka sebuah file tapi file itu ternyata tidak bisa terbuka alias corrupt, maka anda patut curiga dan wajib untuk mengecheck segera Harddisk tempat file itu tersimpan. Data yang corrupt alias tidak dapat dibuka bisa disebabkan oleh hal lain, Tapi biasanya hal tersebut dapat disebabkan oleh harddisk yang mengalami kerusakan secara bertahap.

Penyebab rusaknya pada harddisk



Jatuh dari ketinggian atau terkena benturan
Kerusakan pada harddisk bisa di akibat oleh benturan dan jatuh dari ketinggian, atau bisa juga tertendang oleh kaki maka dari itu letakan laptop atau komputer pada tempat yang aman. 

Jarang atau belum pernah melakukan Defrag
Untuk merawat harddisk segera lakukan Defrag, Hal in dilakukan untuk merapikan system yang tidak berurutan agar menjadi terurut kembali. Jika kita jarang atau belum sama sekali melakukan defrag itu bisa berakibat fatal. Melakukan Defrag yang ideal dilakukan 2-3 kali dalam satu bulan.

Penggunaan yang berlebihan
Penggunaan yang berlebihan pada harddisk juga merupakan faktor rusaknya harddisk. Melakukan kegiatan menjalankan program yang memiliki ukuran besar dan tidak sesuai dengan kapasitas pada harddisk tersebut. 

Seperti bermain game, memutar film atau video, mendengarkan musik dalam jangka waktu yang cukup lama bisa membuat rusak pada harddisk, semakin lama kita bermain atau online komputer maupun laptop maka harddisk membutuhkan performa yang lebih hingga mencapai batas maksimal harddisk. Jika terus menerus seperti itu harddisk akan melemah dan rusak.

Over heat
Over heat merupakan panas yang berlebihan pada suatu perangkat, over heat terjadi karena penggunaan yang berlebihan sehingga dapat mengakibatkan perangkat harddisk menjadi panas. Solusi yaitu dengan menambah kipas khusus pada harddisk atau gunakan COOLER pada laptop.

Sering melakukan install ulang
Biasanya hal ini dilakukan pada saat komputer atau laptop kita terkena virus lalu kita ingin melakukan cara mudahnya yaitu dengan menginstall ulang laptop ataupun komputer kita. Apabila hal ini dilakukan dengan terus menerus maka akan terjadi bad sector pada harddisk dan kerusakan yang satu ini sulit untuk di perbaiki.

Menshutdown atau mematikan komputer atau laptop secara paksa
Bila kita sering mematikan laptop ataupun komputer melalui tombol turn off atau shutdown maka harddisk kita akan menurun performa kinerja nya, karena itulah  jangan anggap sepele tombol shutdown pada laptop atau komputer kalian. Matikan laptop atau komputer kalian denga cara yang benar bila tidak ingin harddisk kita mengalami kerusakan yang fatal.

Sekian dari penjelasan tentang Ciri ciri dan penyebab rusaknya harddisk semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membaca nya. Jangan lupa untuk like and share artikel ini ya keteman teman kalian yang membutuhkan.

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang kurang dalam pembahasan artikel diatas :D

Bagikan Artikel ke: Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Disqus Comments