Cara mencegah penyakit batu ginjal dan jenis jenis batu ginjal

Mencegah penyakit batu ginjal



Cara mencegah penyakit batu ginjal, Batu ginjal pun memiliki banyak jenisnya dan untuk melakukan pencegahan batu ginjal itu sangat penting terutama bagi mereka yang sebelumnya pernah mengalami yang namanya sakit batu ginjal, karena mereka lebih beresiko untuk timbul batu ginjal lagi jika tidak pandai-pandai mencegahnya. 

Batu ginjal termasuk penyakit yang lumayan banyak penderitanya yang sangat mengganggu, batu ginjal menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika melewati salurin urin dalam tubuh. 

Umumnya batu ginjal terbentuk dari gumpalan kalsium, magnesium serta serat asam urat ketika urin terlalu pekat, garam kalsium, asam urat, sistin dan bahan lain dalam urin bisa mengkristal dan akhirnya membentuk endapan mineral berbentuk batu. 

Kamu bisa merasakan beberapa gejala jika terkena penyakit batu ginjal ini, gejala antara lain adalah 
  • Nyeri yang lumayan parah dibagian pinggul
  • rasa sakit seperti berdenyut dan berfluktuasi
  • nyeri saat membuang air kecil
  • urin berdarah 
  • merasakan mual 
  • dan muntah
Untuk mencegah penyakit batu ginjal kalian perlu melakukan perubahan gaya hidup disamping itu juga mungkin diperlukan juga seperti obat-obatan untuk mencegah batu ginjal ini tentunya mendapat obat sesuai dari resep dokter.

Perubahan gaya hidup untuk mecegah penyakit batu ginjal 

Seperti yang saya katakan diatas bila kita ingin mencegah penyakit batu ginjal kita perlu mengubah gaya hidup kita antara lain :

Perbanyak meminum air putih
Untuk orang dewasa yang pernah memiliki penyakit batu ginjal ini harus memperbanyak minum air putih dokter pun merekomendasikan untuk minum air putih yang banyak sekitar 2.5 liter perhari. Jika kalian tinggal di iklim panas dan kering atau sering olahraga dan berkeringat banyak, maka sangat di anjurkan untuk meminum air putih yang lebih banyak lagi. 

Bagaimana caranya mengetahui bila kita sudah cukup memiliki cairan dalam tubuh? SImple ko caranya, Hanya cukup lihat urin anda, jika uriin anda memiliki warna yang jernih dan banyak mengeluarkan cairan itu tandanya bahwa cairan anda sudah cukup.

Dan sebaliknya jika terlalu jarang kebelet kencing dari biasanya dan urin memiliki warna pekat kuning - kecoklatan maka itu tandanya kalian kurang cairan.

Batasi mengkonsumsi protein hewani 
Daging merah, unggas, telur, dan seafood merupakan makanan yang mengandung protein hewani yang dapat meningkatkan tingkat asam urat pada tubuh yang juga dapat menyebabkan batu ginjal. 

Jangan mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan
Penelitian menunjukan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi juga dapat menimbulkan resiko untuk mengalami batu ginjal, dikarenakan vitamin C yang masuk kedala tubuh di metabolisme menjadi oksalat.

Kurangi makanan yang kaya akan oksalat 
Contoh makanan yang mengandung tinggi oksalat bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, coklat dan produk kedelai.

Suplemen kalsium
makanan yang mengandung kalsium biasanya aman untuk di konsumsi, tapi kalian juga harus hati hati dengan suplemen kalsium. kalsium dalam makanan tidak memiliki efek pada resiko batu ginjal. 

Terus makan makanan yang mengandung kaya akan kalsium kecuali dokter kalian menyarankan sebaliknya. Tanyakan pada dokter sebelum kalian mengkonsumsi suplemen kalsium, karena kaitannya dengan peningkatan resiko batu ginjal.

Penderita batu ginjal yang ada di indonesia

Menurut data dari kementerian kesehatan indonesia (Kemenkes) pada tahun 2013, diperkirakan penderita yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur diatas 15 tahun adalah sebesar 0,6% dari total penduduk indonesia. 

Terdapat 5 provinsi yang menduduki posisi teratas untuk masalah penyakit batu ginjal di antaranya adalah : 
  1. Yogyakarta
  2. Aceh 
  3. Jawa barat
  4. Jawa tengah 
  5. Sulawesi tengah

Jenis jenis batu ginjal 

  • Batu kalsium
Batu ginjal jenis ini merupakan yang paling sering terjadi. Penyebab batu ginjal ini adalah kalsium oksalat, yang dipengaruhi oleh ekskresi kalsium dalam tubuh yang tinggi. 
  • Batu asam urat
Batu ginjal jenis ini,terbentuk ketika pH urin Anda berada dalam keadaan asam untuk jangka waktu yang lama. Jika konsentrasi asam urat meningkat dalam urin, maka asam urat bisa membentuk batu dari asam urat itu sendiri, atau membentuk batu bersamaan dengan kalsium.
  • Batu struvite
Batu ginjal yang satu ini merupakan hasil dari infeksi pada ginjal. Cara penanganannya adalah membuang batu dari saluran kemih dan mencegah infeksi datang kembali agar tidak membentuk batu lagi.
  • Batu cystine
Penyebab batu ginjal ini, diakibatkan oleh kelainan genetik yang menyebabkan cystine keluar dari ginjal menuju urin dan membentuk kristal yang lama kelamaan berubah menjadi batu.

Itu dia penjelasan tentang mencegah penyakit batu ginjal semoga artikel tersebut bisa bermanfaat, semoga keluarga kita dan kita semua terhindar dari penyakit batu ginjal tersebut.

Maaf bila ada salah kata atau salah dalam penggunaan kalimat dalam artikel tersebut silakan share artikel ini agar orang lain juga bisa mengetahui cara mencegah penyakit batu ginjal ini.

Sekian terimakasih.

0 Response to "Cara mencegah penyakit batu ginjal dan jenis jenis batu ginjal"

Posting Komentar