Perbedaan Jaringan Peer to peer dan Client server

Jaringan Peer to Peer adalah


Jaringan P2P atau Jaringan Peer  to Peer  adalah salah satu model jaringan komputer yang   terdiri dari dua atau lebih komponen komputer, yang dimana setiap station atau komputer yang terdapat didalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi. Bahkan untuk membuat jaringan dengan dua buah komputer, tidak diperlukan menggunakan 1kabel UTP yang dipasangkan pada kartu jaringan masing masing komputer.

Sistem jaringan ini, yang diutamakan adalah Sharing resource dan service, seperti penggunaan program, data dan printer secara bersama sama.

Jaringan peer to peer pertama kali di luncurkan dan di populerkan oleh aplikasi berbagi berkas (file sharing), seperti Napster dan KazaA. Teknologi peer to peer atau yang bisa di bilang dengan sebutan P2P memungkinkan para user untuk saling berbagi, mencari dan mengunduh berkas.



Jaringan peer to peer juga disebut dengan workgroup. Karena workgroup mempunyai konotasi yaitu kolaborasi tanpa ada nya pusat kontrol (server). Peer to Peer dapat di bangun hanyan dengan sebuah sistem operasi yang terinstall didalam komputer dan terhubungnya beberapa komputer secara fisik.
Sistem jaringan ini biasa digunakan dirumah, kantor, sekolah. Pemakai komputer yang memiliki sebuah komputer baru tidak perlu membuang komputer lamanya. Dengan memasang Network Card atau kartu jaringan pada komputer tersebut, maka kedua komputer dapat dihubungkan dengan kabel khusus yang digunakan untuk sistem jaringan.

Karakteristik jaringan Peer to peer

  1. Tidak memiliki sebuah komputer yang berfungsi sebagai server terdedikasi. 
  2. Setiap komputer dalam jaringan merupakan server dan  sekaligus juga klien.
  3. Tidak adanya kontrol pada pengaturan keamanan jaringan
  4. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang setara untuk dapat terhubung dalam satu jaringan.

Pengertian Client server

Client Server adalah suatu bentuk arsitektur jaringan, yang dimana client adalah sebuah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan suatu aplikasi.
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Karakteristik sistem jaringan client server

  • Sharing resources (sumber daya)
Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.

  • Pesan berbasiskan komunikasi
Interaksi   server   dan   client   melalui   pengiriman   pesan   yang   menyertakan permintaan dan jawaban.

Sekian dari penjelasan saya mengenai Perbedaan jaringan peer to peer dan client server Jangan lupa untuk share dan like artikel ini bila kalian menyukainya 
Baca juga artikel lainnya semoga bermanfaat buat kalian semua yang membutuhkannya :D

0 Response to "Perbedaan Jaringan Peer to peer dan Client server"

Posting Komentar