Pasang Iklan

Doa IFTITAH Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa iftitah adalah doa yang di baca dalam sholat tepatnya seusai takbirotul ihram sebelum membaca Al-fatihah, melihat dari makna kata iftitah itu sendiri yang artinya pembuka maka tidak heran doa ini di baca di awal awal sholat.

Doa iftitah pendek

Bagaimana hukum membaca doa iftitah? Dalam madzhab imam Syafii hukum membacanya adalah sunnah namun dengan pengecualian tidak ada bacaan lain antara takbirotul ihram dan Al-fatihah.

Lebih jelasnya jika setelah takbirotul ihrom kita membaca bacaan lain, misalnya karena kita menjadi makmum masbuk setelah takbirotul ihrom kita mendapati imam baru saja selesai membaca A-lfatihah lalu kita membaca amiin maka tidak di anjurkan membaca doa iftitah langsung saja membaca alfatihah.

Dalam keadaan seperti yang di gambarkan di atas, selain tidak di anjurkan di takutkan kita tidak sempat membaca Al-fatihah yang mana kedudukan membaca Al-fatihah lebih tinggi dari pada membaca doa iftitah, seperti kita ketahui hukum membaca Al-fatihah adalah wajib karena termasuk rukun sholat jadi harus di dahulukan.

Sekian sedikit penjelasan hukum doa iftitah Dan langsung saja di bawah ini saya akan berbagi doanya.

ﺍَﻟﻠّٰﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﻛَﺒِﻴْﺮًﺍ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﻛَﺜِﻴْﺮً ﻭَﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑُﻜْﺮَﺓً ﻭَﺃَﺻِﻴْﻼً . ﺃِﻥِّ ﻭَﺟَّﻬْﺔُ ﻭَﺟْﻬِﻲَ ِﻟﻠﺬِﻱْ ﻓَﻄَﺮَﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍْﻵَﺭْﺽَ ﺣَﻨِﻴِﻴْﻔًﺎ ﻣُﺴْﻠِﻤًﺎ ﻭَﻣَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴْﻦَ . ﺇِﻥَّ ﺻَﻼَﺗِﻲْ ﻭَﻧُﺴُﻜِﻲْ ﻭَﻣْﺤْﻴَﺎﻱَ ﻭَﻣَﻤَﺎﺗِﻲْ ِﻟﻠﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ ﻻَﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ ﻭَﺑِﺬَﻟِﻚَ ﺃُﻣِﺮْﺕُ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ

Allahu Akbaru kabira walhamdu lillahi kathira wasubhanallahhi bukratau waasila. Inni Wajjahtu wajhia lillazi fataras sama wati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna solati wanusuki wamahyaya wammamati lillahi rabbil’alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya :
Allah Maha Besar sebesar-besarnya. Dan puji-pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah siang dan malam. Kuhadapkan mukaku, kepada yang menjadikan langit dan bumi, aku cenderung lagi berserah kepada Allah dan bukanlah aku dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku kuserahkan hanya pada Allah tuhan seru sekelian alam. Sekali-kali tidaklah aku menyekutukanNya . Dan dengan demikian aku ditugaskan, dan aku adalah dari golongan orang-orang Muslim (Islam).

Selain doa di atas memang terdapat bacaan doa iftitah lainnya namun doa di atas adalah doa yang biasa saya baca dan memang di ajarkan oleh guru guru saya.

Demikin ulasan doa iftitah yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat bagi sobat semua.


Bagikan Artikel ke: Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Disqus Comments